Ini 8 Kelainan Darah yang Bisa Kamu Alami

Beberapa penyakit dapat muncul karena ada abnormalitas pada darah, yakni masalah pada salah satunya atau bagian-bagian darah, hingga berefek pada jumlah serta manfaatnya. Abnormalitas ini dapat berlangsung pada sel darah merah, sel darah putih, atau trombosit.



Ke-3 tipe sel itu dibuat di sumsum tulang serta punyai pekerjaan semasing. Sel darah merah mengusung oksigen ke organ serta jaringan badan, sel darah putih menolong badan menantang infeksi, sedang trombosit menolong pembekuan darah.


Terdapat beberapa tipe abnormalitas sel darah yang dapat mengubah kesehatan badan. Di bawah ini beberapa salah satunya:


Cara Cermat Memilih Situs Main Slot Anemia salah satu tipe abnormalitas pada sel darah merah. Biasanya, abnormalitas darah ini berlangsung karena kekurangan zat besi dalam darah.


Zat besi sendiri dibutuhkan badan untuk membuahkan hemoglobin (Hb) yang menolong sel darah merah bawa oksigen dari paru-paru ke semua badan.


Diambil dari situs WebMD, pasien anemia mempunyai jumlah sel darah merah yang rendah. Anemia mudah seringkali tidak memunculkan tanda-tanda. Pada anemia yang bertambah kronis, tanda-tanda yang dapat ada dapat berbentuk sakit di kepala, kulit terlihat pucat, serta sesak napas waktu melakukan aktivitas.


Polisitemia vera adalah tipe kanker darah yang dikarenakan oleh perubahan gen.


Pada penyakit ini, sumsum tulang akan membuahkan kebanyakan sel darah merah. Mengakibatkan, darah jadi kental serta mengalir bertambah lamban, hingga beresiko alami pembekuan darah. Nah, itu yang dapat mengakibatkan penyakit serangan jantung atau stroke.


Berita jeleknya, berdasarkan penjelasan dari National Heart, Lung and Blood Institute, polisitemia vera tidak dapat sembuh. Tetapi, penyembuhan dapat menolong mengatur penyakit serta kompleksitasnya.


Contoh penyembuhannya ialah phlebotomy (hilangkan beberapa darah dari pembuluh darah) serta pemberian beberapa obat.


Talasemia ialah abnormalitas darah yang di turunkan. Pemicunya ialah perubahan genetik yang menghalangi Hb dengan cara normal. Saat sel darah merah kekurangan Hb, oksigen tidak bisa capai semua bagain badan, hingga organ-organ tidak dapat berperan dengan cara seharusnya.


Talasemia mengakibatkan beberapa situasi seperti pembesaran limpa, permasalahan jantung, sampai keterlambatan perkembangan serta perubahan anak.


Berdasar satu laporan dalam "International Journal of Current Advanced Research" tahun 2017, penyembuhan talasemia mencakup:


Leukemia salah satu tipe kanker darah, yakni saat sel darah putih jadi ganas serta berubah di sumsum tulang. Penimbunan sel darah putih yang berlangsung bisa mengganggu produksi sel darah merah serta trombosit.


Tanda-tanda leukemia mencakup: demam, gampang memar atau berdarah, sakit pada tulang atau persendian, sakit di kepala, muntah, kejang, pengurangan berat tubuh, sesak napas, serta bengkak kelenjar getah bening atau organ seperti limpa.


Beberapa cara penyembuhan leukemia salah satunya kemoterapi, imunoterapi, therapy sasaran (pemakaian obat untuk menghalangi produksi protein yang diperlukan sel kanker untuk berubah), splenectomy, serta transplantasi sumsum tulang.


Mengambil sumber dari MayoClinic, limfoma ialah kanker skema limfatik, yang disebut sisi dari jaringan badan untuk menantang kuman. Skema limfatik mencakup kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus, serta sumsum tulang. Limfoma dapat menggempur semua tempat itu dan organ lain di badan.


Ada beberapa macam limfoma, tapi yang penting ialah limfoma Hodgkin serta non-Hodgkin. Gejala-gejalanya seperti bengkak kelenjar getah bening, kecapekan terus-terusan, demam, berkeringat saat malam hari, sesak napas, pengurangan berat tubuh, serta kulit gatal.


Penyembuhan untuk abnormalitas darah ini meliputi kemoterapi, imunoterapi, therapy radiasi, serta transplantasi sumsum tulang.


Situasi ini termasuk juga salah satunya kanker darah. Dikutip WebMD, multiple myeloma tidak dapat sembuh. Tetapi, penyembuhan masih dapat dilaksanakan dengan konsentrasi untuk perlambat penebaran serta kadang hilangkan tanda-tanda.


Pada multiple myeloma, sel plasma jadi ganas serta berubah dengan tidak teratasi.


Perlu untuk diketahui, sel plasma salah satu type sel darah putih yang membuat anti-bodi. Pada masalah multiple myeloma, sel plasma akan keluar dari sumsum tulang serta menebar.


Multiple myeloma bisa memunculkan kompleksitas seperti permasalahan pada tulang, anemia, infeksi, serta tidak berhasil ginjal.


Penyembuhan pada multiple myeloma yakni dengan kemoterapi, pemberian beberapa obat, serta transplantasi sumsum tulang.


Diambil Medical News Today, hemofilia adalah situasi genetik yang mengakibatkan darah susah membeku. Penderitanya akan alami perdarahan semakin lama, baik di luar atau di pada tubuh.


Pada suatu laporan dalam "Jounal of Comorbidity" tahun 2011, pada pasien hemofilia, therapy dengan konsentrat unsur pembekuan (profilaksis) bisa menahan perdarahan sama dengan sendi serta otot.


Penyembuhan penting pada hemofilia disebutkan therapy alternatif. Konsentrat unsur pembekuan VIII untuk hemofilia A atau unsur pembekuan IX untuk hemofilia B dengan cara perlahan-lahan diteteskan atau disuntikkan ke pembuluh darah. Infus ini menolong mengubah unsur pembekuan yang rendah atau hilang.


Berdasar info dari situs WebMD, unsur von Willebrand ialah protein dalam darah yang menolong pembekuan darah. Pada penyakit von Willebrand, badan menghasilkan semakin sedikit protein atau protein yang dibuat tidak berperan secara baik.


Adalah penyakit turunan, banyak orang dengan situasi ini umumnya tidak paham mempunyai penyakit ini (tidak memiliki gejala) sampai pada akhirnya diketahui waktu alami perdarahan terlalu berlebih waktu luka atau waktu operasi.


Beberapa abnormalitas darah yang disebut di atas adalah penyakit turunan. Oleh karena itu, penting untuk tahu adakah situasi abnormalitas darah di kisah keluarga. Jika ada, seharusnya cek ke dokter.


Selain itu, jaga gaya hidup masih sehat dengan konsumsi makanan sehat bergizi setimbang serta teratur olahraga supaya terhindar dari beberapa penyakit.

Postingan populer dari blog ini

FACE MASKS REALLY WORK EVEN WITH SOME

Mice housed at 20-26° C—which is actually listed below their "thermoneutral area"

Komitmen Keane Untuk Manchester