Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar secara Alami di Rumah

 


Apa Anda seringkali sembelit? Bila iya, Anda tak perlu cemas, sebab ada bermacam langkah menangani sulit buang air besar yang bisa Anda kerjakan di dalam rumah. Dengan begitu, merasa tidak nyaman karena sembelit bisa selekasnya terselesaikan.


Sulit buang air besar atau sembelit salah satu keluh kesah atau permasalahan pencernaan yang biasa berlangsung. Pemicu sembelit dapat berbagai macam, dari mulai skema makan yang kurang sehat (kurang konsumsi serat), kurang minum air putih, jarang-jarang bergerak atau olahraga, sampai rutinitas seringkali meredam buang air besar.


Bila Anda seringkali alami keluh kesah sembelit, cara-cara untuk menangani sulit buang air besar berikut kemungkinan dapat Anda coba.


Langkah Menyembuhkan Sembelit di Rumah Di bawah ini ialah cara-cara menyembuhkan sulit buang air besar dengan alamiah di dalam rumah:


1. Meningkatkan konsumsi serat Meningkatkan konsumsi serat pada makanan yang Anda mengonsumsi bisa membuat lancar pencernaan serta membuat struktur kotoran bertambah lebih padat, hingga kotoran bertambah cepat tergerak keluar dari usus.


Beberapa pilihan makanan memiliki serat yang baik dikonsumsi untuk menangani sulit buang air besar ialah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian.


Inilah Alasan Orang Lebih Menyukai Memasang Togel Online Disamping itu, jauhi minuman atau makanan yang mengandung gas tinggi, contohnya susu, minuman bersoda, makanan banyak mengandung lemak, serta sayuran spesifik seperti lobak serta kol, supaya perut Anda tidak berasa kembung.


2. Konsumsi air putih semakin banyak Kurang minum air putih dapat membuat kotoran di aliran cerna mengeras, hingga susah dikeluarkan waktu BAB. Untuk menangani sembelit, Anda dapat minum air putih atau air mineral minimal 8 gelas /hari.


Kecuali untuk menangani sulit buang air besar, minum air yang cukup dapat menghindari Anda dari dehidrasi. Keperluan air di pada tubuh bisa diukur dengan lihat warna urine.


Bila urine memiliki warna kuning pekat, itu pertanda jika Anda masih kekurangan cairan. Anda bisa minum air putih seringkali atau semakin banyak bila masih kekurangan cairan atau bila masih berasa sulit buang air besar.


3. Perbanyak kesibukan fisik atau olahraga Olahraga atau latihan fisik bisa tingkatkan gerakan otot di aliran cerna atau usus. Oleh karenanya, Anda bisa teratur olahraga, contohnya dengan berjalan kaki di seputar halaman rumah semasa 15–30 menit tiap hari untuk memperlancar pencernaan serta menangani keluh kesah sulit buang air besar.


4. Hindari rutinitas meredam buang air besar Siapkan waktu yang cukup untuk buang air besar. Jauhi tergesa-gesa ditambah lagi menahan-nahan waktu ingin buang air besar. Membuat rutinitas itu bisa menolong membuat lancar buang air besar.


5. Memakai garam Epsom Garam Epsom atau yang bertambah diketahui dengan garam inggris dapat dipakai untuk menangani sulit buang air besar. Muatan magnesium sulfat pada garam Epsom bila dicampurkan di air bisa menangani sembelit periode pendek.


Anda bisa meleburkan seputar 3–5 sendok teh garam inggris ke 250 ml air putih hangat, selanjutnya aduk rata serta diminum. Untuk beberapa anak umur 6–12 tahun, cukup larutkan 2 sendok teh pada air minum hangat.


Tetapi, cara ini tidak efisien untuk penyembuhan periode panjang serta tidak dianjurkan untuk beberapa anak di bawah umur 6 tahun.


Kecuali diminum, garam Epsom dapat dipakai untuk mandi. Triknya, campur 350 garam Epsom di bak mandi atau bathtub berisi air hangat, selanjutnya berendamlah.


Di saat berendam, muatan mineral di di air garam Epsom bisa meresap ke pada tubuh serta memperlancar pencernaan Anda, hingga keluh kesah sembelit juga dapat terselesaikan.


6. Memakai minyak zaitun Minyak zaitun bisa membuat tinja bertambah lunak, hingga buang air besar bertambah lancar. Anda dapat mencampurkan satu sendok makan extra virgin olive oil pada satu gelas air jeruk untuk selanjutnya diminum.


Disamping itu, minyak zaitun bisa dipakai untuk kombinasi salad. Tetapi, harus diingat jika minyak zaitun seharusnya tidak dipakai untuk menangani permasalahan sulit buang air besar dalam periode panjang.


7. Konsumsi cafein Muatan cafein yang ada pada kopi, teh, serta coklat hitam bisa merangsang otot-otot dalam skema pencernaan untuk berkontraksi. Dampak ini membuat cafein bisa memperlancar pencernaan serta merangsang Anda untuk buang air besar.


Meskipun begitu, Anda tidak dianjurkan untuk konsumsi cafein terlalu berlebih. Ini sebab cafein menyebabkan buang air kecil semakin banyak serta seringkali, hingga mengakibatkan dehidrasi.


Anda cukup perlu minum segelas minuman berkafein /hari serta imbangi dengan minum air putih semakin banyak untuk jaga konsumsi cairan badan Anda tiap hari.


Kecuali lakukan langkah menangani sulit buang air besar dengan alamiah di atas, Anda dapat memakai obat pencahar atau obat pelancar BAB yang dipasarkan bebas. Tetapi, penting selalu untuk membaca merek paket terlebih dulu untuk ketahui jumlah serta langkah konsumsi yang pas.


Bila sembelit telah berjalan lama atau bila beberapa cara di atas gagal menangani keluh kesah sulit buang air besar yang Anda rasakan, seharusnya kontrol diri ke dokter agar diberi perlakuan yang pas.

Postingan populer dari blog ini

FACE MASKS REALLY WORK EVEN WITH SOME

Mice housed at 20-26° C—which is actually listed below their "thermoneutral area"

Komitmen Keane Untuk Manchester