Tumor Kelopak Mata Bukan Sekadar Benjolan, Kenali dan Deteksi Sejak Dini

 



Tumor Kelopak Mata Bukan Sebatas Tonjolan, Ketahui serta Deteksi Semenjak Awal Tumor kelopak mata seringkali dipandang tidak beresiko karena susah dikenal serta biasanya tidak memiliki gejala. Tetapi, bila tidak diatasi sedini kemungkinan, tumor kelopak mata bisa makin jadi membesar atau mempunyai potensi jadi kanker.


Tumor kelopak mata ialah perkembangan sel dengan cara tidak normal dibagian kelopak mata. Beberapa sel tumor itu biasanya tampil di jaringan atau permukaan kulit kelopak mata.


Pada keadaan normal, badan akan mengatur pembangunan beberapa sel baru untuk gantikan beberapa sel yang sudah rusak atau mati. Namun, karakter sel itu kadang dapat beralih serta bisa tumbuh dengan cara tidak teratasi. Seiring berjalannya waktu, situasi ini bisa mengakibatkan terciptanya tumor.


Biasanya, tumor kelopak mata tampil di epidermis atau susunan terluar kulit kelopak mata. Tipe tumor ini dapat tidak memiliki gejala pada step awal, tapi makin lama dapat memunculkan tanda-tanda, seperti perkembangan warna kulit kelopak mata, munculnya tonjolan, sampai kerontokan bulu mata.


Pemicu Tumbuhnya Tumor Kelopak Mata Sampai sekarang ini, pemicu berlangsungnya tumor kelopak mata masih belum tahu dengan cara tepat. Tetapi, ada faktor-faktor yang diketahui bisa tingkatkan efek timbulnya tumor kelopak mata, diantaranya:


Frekwensi paparan radiasi cahaya UV yang lumayan tinggi


Warna kulit yang cerah atau kandungan melanin yang rendah di kulit


Umur di atas 50 tahun


Kisah kanker kulit


Disamping itu, penyakit tumor atau kanker juga dapat berbentuk turunan. Seorang bertambah beresiko alami tumor di kelopak mata jika dia mempunyai bagian keluarga yang menanggung derita tumor atau kanker di kelopak mata.


Tipe-Jenis Tumor Kelopak Mata Menurut karakternya, tumor kelopak mata terdiri jadi dua tipe, yakni:


Tumor kelopak mata jinak Tumor kelopak mata jinak tidak berbentuk kanker serta biasanya tidak menebar ke jaringan badan yang lain. Tipe tumor kelopak mata jinak yang biasanya didapati ialah:


Nevus disebutkan dengan tahi lalat. Tumor jinak ini terlihat berbentuk bintik kehitaman atau kecokelatan di kulit di kelopak mata. Tumor ini tidak beresiko serta tidak memunculkan tanda-tanda apa saja.


Papilloma ialah tumor jinak pada kelopak mata yang memiliki bentuk seperti tonjolan dengan permukaan halus serta memiliki warna sama juga dengan kulit atau sedikit kemerahan. Tumor ini biasanya berasal dari infeksi virus HPV.


Tumor kelopak mata ganas Tumor ganas di kelopak mata ada pula yang berbentuk ganas atau kanker. Bila tidak selekasnya diobati, tumor ganas atau kanker di kelopak mata dapat menebar ke anggota badan lain (metastasis).


Di bawah ini ialah beberapa macam tumor ganas di kelopak mata:


1. Karsinoma sel basal Karsinomal sel basal adalah tipe tumor kelopak mata ganas yang umum berlangsung. Tipe tumor ini semakin banyak menggempur orang berkulit putih serta orang yang berumur di atas 50 tahun. Tumor ini bisa tampil di selama kelopak mata apabila didiamkan, dapat menebar sampai ke sisi belakang mata.


Baru Saja Di Ketahui Sebuah Manfaat Dari Mempermainkan Perjudian Online. Di kulit atau kelopak mata, karsinoma sel basal biasanya terlihat berbentuk tonjolan yang memiliki warna sama juga dengan kulit atau kadang terlihat kemerahan serta sedikit bertambah gelap. Tonjolan tumor itu tidak berasa ngilu, namun bisa dibarengi perdarahan serta cedera.


2. Karsinoma sel skuamosa Karsinoma sel skuamosa adalah tipe tumor agresif yang menggempur susunan luar kulit serta kadang dapat ada di kulit yang terluka. Tumor ini seringkali berlangsung ke orang yang seringkali terkena cahaya matahari.


Karsinoma sel skuamosa umumnya terlihat berbentuk tonjolan atau penebalan yang mengakibatkan kulit bersisik serta gampang berdarah. Bila tampil di kelopak mata, sel tumor ganas itu dapat menebar ke bola mata serta memunculkan keluh kesah lain, seperti masalah pandangan.


Tipe tumor di kelopak mata yang ini kadang dapat seperti permasalahan kulit lain, seperti kutil atau bisul pada kelopak mata. Oleh karenanya, diperlukan kontrol lengkap dari dokter untuk menganalisis tumor ini.


3. Karsinoma kelenjar sebasea Tumor ini termasuk langka, tapi mempunyai potensi fatal sebab seringkali disalahartikan untuk bintitan atau radang mata akut. Tempat terciptanya tumor ini ialah kelenjar sebasea (sebaceous gland), yakni kelenjar yang menghasilkan minyak di kulit.


Tanda-tanda yang ada berbentuk tonjolan kecil memiliki warna merah atau kuning di kelopak mata. Tonjolan itu bisa jadi membesar serta mengakibatkan iritasi pada mata. Bila telat diatasi, tumor ini bisa menebar ke anggota badan lain, termasuk juga paru-paru, hati, otak, serta tulang.


4. Melanoma kelopak mata Melanoma kelopak mata adalah tipe tumor yang beresiko sebab bisa menebar ke semua badan bila tidak diatasi semenjak awal. Melanoma adalah tipe tumor ganas yang tercipta dari sel melanosit, yakni sel yang membuahkan pigmen atau zat warna alami pada rambut, kulit, serta mata.


Melanoma kelopak mata diikuti adanya tonjolan berpigmen pada kelopak mata serta dapat tumbuh dengan cepat. Disamping itu, tanda-tanda yang seringkali berlangsung ialah warna kulit menggelap, timbulnya tahi lalat baru, sampai tahi lalat terlihat makin luas atau cepat jadi membesar.


Penyembuhan Tumor Kelopak Mata Tumor kelopak mata adalah situasi yang penting selekasnya dibawa ke dokter. Untuk menganalisis tipe serta tingkat keparahan tumor di kelopak mata, dokter bisa lakukan kontrol mata serta kontrol pendukung, misalnya:


Biopsi


Tumor marker


Kontrol radiologi, contohnya CT scan, MRI, atau USG


Bila hasil kontrol itu memperlihatkan jika tumor mata yang Anda rasakan berbentuk jinak, dokter kemungkinan cuma akan merekomendasikan perlakuan berbentuk pengawasan teratur untuk pastikan tumor tidak makin besar atau menjadi ganas. Namun, tumor jinak dapat juga ditangani dengan operasi.


Disamping itu, untuk menangani tumor di kelopak mata yang berbentuk ganas, dokter bisa lakukan perlakuan berbentuk:


Operasi Operasi atau pembedahan mempunyai tujuan untuk buang jaringan tumor di kelopak mata. Operasi ini dapat dilaksanakan dengan cara konservatif atau mungkin dengan tehnik bedah spesifik, seperti bedah beku (krioterapi), bedah listrik, serta bedah laser.


Therapy radiasi Therapy radiasi atau radioterapi dilaksanakan memakai radiasi sinar-X memiliki kekuatan tinggi untuk membunuh sel kanker. Disamping itu, therapy ini mempunyai tujuan untuk menghalangi perkembangan sel tumor atau kanker.


Kemoterapi Cara penyembuhan ini memakai beberapa obat kemoterapi untuk membunuh sel tumor atau kanker. Dokter umumnya akan menggabungkan therapy radiasi serta operasi dengan kemoterapi untuk menangani tumor di kelopak mata yang berbentuk ganas.


Timbulnya tumor kelopak mata, baik yang berbentuk jinak atau ganas, biasanya bisa dihindari dengan cara-cara berikut:


Hindari paparan cahaya matahari dalam tempo yang lama


Menggunakan kacamata hitam serta tabir surya waktu melakukan aktivitas di luar ruang


Jauhi rokok atau asap rokok serta minuman mengandung alkohol


Periksakan situasi kesehatan (check-up) dengan cara periodik ke dokter mata


Bila Anda alami tanda-tanda tumor kelopak mata, contohnya ada tonjolan, cedera atau bintik, serta perkembangan warna kulit di kelopak mata, seharusnya selekasnya kontrol situasi itu ke dokter. Ini perlu dikerjakan supaya tumor di kelopak mata dapat teridentifikasi semenjak awal serta diatasi secepat-cepatnya.

Postingan populer dari blog ini

FACE MASKS REALLY WORK EVEN WITH SOME

Mice housed at 20-26° C—which is actually listed below their "thermoneutral area"

Komitmen Keane Untuk Manchester